fbpx
buat meeting di zoom

2 Cara Mudah Membuat Meeting di Zoom

Halo sobat FreeZone88, bagaimana sih cara membuat meeting di aplikasi zoom? Nah biasanya nih kebanyakan dari kita hanya join meeting di zoom jadi masih belum terlalu paham mengenai cara membuat meeting sendiri.

Sebenarnya membuat meeting di zoom itu tidak terlalu sulit. Ada dua cara yang dapat kita lakukan. Okelah dari pada basa basi langsung saja lihat tutorialnya dibawah ini.

2 Cara Membuat Meeting di Zoom

Cara langsung buat meeting zoom

Dengan cara ini kita membuat meeting langsung tanpa jadwal. Jadi peserta meeting akan menerima panggilan untuk join setelah kita membagikan link untuk join. Meeting versi ini biasa sih tanpa ada perencanaan khusus, jadi peserta hanya diberi tahu bahwa akan ada meeting dan langsung diberikan link untuk join.

BACA JUGA:  Satu Akun Zoom Dengan 4 Host Meeting

Untuk membuat meeting langsung tanpa jadwal, masuk pada aplikasi zoom pada tampilan awal klik New Meeting. Setelah itu klik invite seperti contoh dibawah ini untuk mengundang para partisipan.

buat meeting di zoom

 

invite peserta meeting zoom

Pada jendela invite, klik Copy Invite Link dan kirim ke partisipan melalui webwhatsapp ataupun email. Setelah partisipan menerima link invit mereka akan langsung join meeting.

copy invite link zoom

Cara buat meeting zoom dengan jadwal

Cara ini paling sering digunakan, karena dengan pembuatan meeting menggunakan jadwal link invite sudah bisa di kirim di hari-hari sebelumnya. Jadi para peserta akan dikirimkan link invite melalui email atau social media lainnya.

BACA JUGA:  Cara Menampilkan Word di Zoom Meeting

setting schedule meeting zoom

Untuk membuat meeting dengan schedule, caranya klik menu schedule pada tampilan halaman utama zoom. Seperti contoh dibawah ini.

Isi topic dengan nama Meeting yang akan dibuat

Start isi dengan tanggal dan jam meeting mulai

Durationa isi dengan lama durasi meeting, jika akun zoom kalian hanya tipe basic maka kalian hanya diperbolehkan meeting selama 40 menit. Setelah 40 menit maka akan terputus dan kalian harus membuat meeting baru lagi (start meeting baru lagi).

Untuk membuat meeting diatas 40 silahkan upgrade akun kalian menjadi akun Pro.

Meeting ID pilih Generate Automatically

Security centang Waiting room jika kalian ingin agar peserta yang join meeting akan menunggu hingga admin mengizinkan masuk baru bisa masuk kedalam meeting.

BACA JUGA:  Cara Mengganti Virtual Background Zoom di Hp Android

Video, untuk menonaktifkan video host dan peserta dapat dilakukan pada bagian ini.

Calender biarkan default menggunakan Google Calender

setting advance meeting zoom

Advance Options, disini kita dapat membuat peserta join kapanpun walaupun meeting belum dimulai. Otomatis mute peserta Ketika masuk meeting. Dapat merekam meeting ke computer local sebagai archive.

Klik save untuk menyimpan meeting dengan schedule.

Setelah klik save, maka meeting yang tadi kita buat akan muncul di halaman depan aplikasi zoom. Untuk memulainya langsung saja klik start. Dan untuk mengambil link undangan klik menu titik tiga dan pilih copy invitation.

setting jadwal meeting zoom

Selanjutnya kirim link invitation ke semua peserta meeting.

Itulah cara membuat meeting di aplikasi zom dengan menggunakan jadwa dan tanpa jadwal.