fbpx
tips meningkatkan saturasi oksigen
image source: facebook kementrian kesehatan

Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen Pasien Covid 19

Dengan tingginya perkembangan peredaran Covid-19, membuat beberapa penderita panik sehingga menyebabkan kadar oksigen dalam tubuh berkurang.

Ketika terpapar Covid 19, kita harus rajin mengecek kadar oksigen dalam tubuh, terutama bagi pasien yang melakukan isoman (isolasi mandiri) dirumah.

Alat untuk melakukan pengetesan kadar oksigen adalah puls oximeter. Pengukuran saturasi oksigen adalah untuk mengetahui kondisi saturasi, sehingga apabila saturasi oksigen pasien rendah dapat segera melakukan Tindakan pertolongan pertama.

BACA JUGA:  Mengatasi Windows Detected That The Efi System Partition Was Formatted as Ntfs Saat Install Windows 8

Berikut tips cara sederhana meningkatkan saturasi oksigen

Teknik pernapasan yang bisa dilakukan oleh pasien yang isolasi mandiri adalah Teknik proning. Teknik ini dilakukan dalam posisi berbaring tengkurap untuk meningkatkan saturasi oksigen pasien.

Untuk melakukan teknik ini, sebaiknya pasien berada diruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Agar sirkulasi udara lancar dan pasien dapat meningkatkan saturasi oksigen dengan lancar.

BACA JUGA:  Cara Download Video Tiktok Yang di Privasi

Ini merupakan Langkah awal yang bisa kalian lakukan dirumah. Lakukan secara perlahan dan tenang agar pengambilan udara jadi lebih maksimal.

Berikut tips dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

tips meningkatkan saturasi oksigen
image source : facebook kementrian kesehatan

 

tips meningkatkan saturasi oksigen
image source : facebook kementrian kesehatan

 

tips meningkatkan saturasi oksigen
image source : facebook kementrian kesehatan

Ikuti teknik proning seperti gambar diatas. Terdapat3 posisi baring yang bisa dilakukan selama 30 menit. Untuk melakukan teknik ini siapkan tiga bantal, bantal untuk bawah leher, bantal untuk pinggul dan bantal untuk bagian kaki.

BACA JUGA:  Cara Download Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Jika pasien sudah melakukan Teknik ini namun belum bisa meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuhnya, alangkah baiknya segera ke faskes terdekat untuk mendapatkan penangan medis.

Like dan share postingan ini agar banyak orang mengetahui cara pertolongan pertama ketika kekurangan saturasi oksigen dalam tubuh.