fbpx
KIRIM UANG SAMPAI KE PELOSOK

Begini Cara Kirim Uang Dari Luar Negeri Ke Pelosok Desa

Cara agar uang kiriman dari luar negeri bisa sampai ke pelosok Desa, saat ini terdapat dua cara yaitu melalui bank BRI atau melalui Western Union. Saat ini jarigan western union semakin luas, ini karena kerjasamanya dengan indomaret dan alfamart.

Seperti yang kita ketahui Bank BRI dan Western Union sudah sampai ke pelosok-pelosok Desa. Dan karena WU bekerja sama dengan Indomaret dan Alfamart, maka jaringan pengiriman uang sampai ke pelosok desapun dapat dengan mudah karena kedua minimarket tersebut hampir dapat kita jumpai di pedesaan.

BACA JUGA:  Daftar Lengkap Tarif Kirim Uang WU Dalam dan Luar Negeri

Kalian dapat melakukan pengiriman uang dari luar negeri melalui bank BRI ataupun Western Union. Namun disini penulis lebih merekomendasikan menggunakan WU karena biaya potongannya yang terbilang cukup murah.

BACA JUGA:  Daftar List Biaya Kirim Uang Dari Luar Negeri ke Indonesia

Berikut dibawah ini sekilas tentang Western Union

Mengirim Uang Secara Langsung Di Western Union

Datangi Western Union atau Agennya  seperti Kantor POS, Pegadaian, bank lokal, Indomaret. Untuk kalian yang berada diluar negeri datangi agen yang telah bekerja sama dengan western union.

Kamu bisa menemukan agen Western Union terdekat di link berikut: https://www.westernunion.com/ID/en/find-locations.html.

Cek Agen

Isi formulir pengiriman uang.

Siapkan kartu identitas KTP ataupun Paspor

Serahkan Uang untuk di kirim, kalian akan dikenakan fee pengiriman tapi jangan khawatir, western union merupakan salah satu jasa dengan fee paling murah.

Setelah berhasil di proses kamu akan diberikan no resi dan MTCN (Money Transfer Control Number).

Berikan MTCN kepada si Penerima Uang

BACA JUGA:  Daftar Biaya Kirim Uang dari Luar Negeri Termurah

Mengirim uang secara online di Western Union

Kunjungi laman WU.com atau download aplikasi Western Union® daftar dan buatlah profil online Anda. Pilih negara tujuan dan jumlah uang yang akan Anda kirim. Daftar Akun WU dibawah ini.

Daftar

Anda dapat mengirim uang secara langsung ke bank penerima*, atau ke lokasi agen untuk pengambilan tunai, atau ke dompet seluler, tergantung negara penerima Anda. Transfer dalam wilayah Hong Kong hanya tersedia untuk pengambilan tunai.

BACA JUGA:  Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin Covid 19 MOPH Qatar

Pelajari lebih lanjut tentang cara mendaftar dan cara mengirim uang secara online.

* Harap berhati-hati saat memberikan informasi rekening bank. Uang akan dibayarkan ke rekening bank sesuai dengan nomor rekening yang Anda berikan. Rekening penerima harus merupakan rekening pembayaran mata uang lokal. Uang yang dikirim mungkin terlambat atau layanan tidak tersedia pada kondisi transaksi tertentu, termasuk jumlah yang dikirimkan, negara tujuan, ketersediaan mata uang, masalah peraturan, persyaratan identifikasi, jam lokasi Agen, perbedaan zona waktu, atau pilihan opsi yang tertunda. Pembatasan lain mungkin berlaku. Lihat Ketentuan untuk mengetahui detailnya.

BACA JUGA:  7 Aplikasi Pinjaman Online Cepat dan Mudah

Persyaratan Ambil Uang lewat Western Union

Penerima Harus Memiliki Code MTCN (Money Transfer Kontrol Number) yang diberikan oleh Pengirim

Siapkan Data lengkap pengirim

Penerima wajib membawa kartu identitas berupa e-KTP

Tidak dapat di wakilkan

Persiapkan Foto copy e-KTP

BACA JUGA:  6 Aplikasi Game Penghasil Uang Terbukti Cair

Keuntungan Pengiriman Melalui Indomaret dari Luar Negeri

Melayani sepanjang 24 jam (Tergantung gerai, tapi biasanya indomaret dan alfamart buka selama 24 jam) beda dengan perbankan dan kantor pos yang hanya melayani pada saat pagi sampai sore hari saja.

Persyaratan yang mudah pada saat pengambilan uang

Gerai yang tersebar luas, contohnya indomaret dan kantorpos yang terdapat hampir disemua daerah indonesia.

Hari libur indomaret tetap buka, sehingga tetap melayani pengambilan uang melalui western union.

BACA JUGA:  Daftar Lengkap Tarif Kirim Uang WU Dalam dan Luar Negeri

Kekurangan Pengiriman Uang lewat Western Union Indomaret

Stock uang tidak memadai. Jadi tidak dapat melalukan pencairan dalam jumlah yang besar. Untuk pengambilan dalam jumlah besar dapat langsung ke Bank yang bekerjasama dengan WU ataupun ke Kantor Pos.

Rekomendasi maksimal pengambilan uang di indomaret adalah dibawah $200

Masalah pada jaringan dan juga formulir pengambilan uang yang kadang habis.

Jadi bagi kalian yang ingin mengirimkan orang tua uang dalam jumlah yang tidak banyak, dapat menggunakan jasa Western Union. Karena WU masih menjadi salah satu rekomendasi pengiriman uang dari luar negeri.