fbpx
contoh surat pengalaman kerja terbaru

Download Contoh Surat Pengalaman Kerja Terbaru

FreeZone88 – Dalam dunia kerja seringkali karyawan dihadapkan pada situasi sulit, dan terkadang banyak orang yang menyerah dengan keadaan sulit tersebut. Sehingga memilih untuk berhenti bekerja diperusahaan tersebut, meskipun dia sudah bekerja dalam waktu yang lama. Jika seseorang pernah bekerja disebuah perusahaan tertentu, tentunya memiliki pengalaman kerja yang dibuktikan dengan adanya surat pengalaman kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat dia bekerja.

Surat pengalaman kerja merupakan salah satu dokumen pendukung seseorang jika ingin melamar kerja di tempat yang baru. Surat pengalaman kerja juga merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan bertujuan untuk mengonfirmasi pengalaman kerja seseorang, yang didalamnya terdiri dari keterampilan, keahlian, dan kemampuan yang diperoleh selama melaksanakan profeseinya diperusahaan tertentu.

Selain itu, surat pengalaman kerja dapat mendukung resume atau CV yang dibuat oleh seseorang terkait dengan pengalaman kerja dan keterampilannya, sehingga dapat menjadi pertimbangan khusus bagi perusahaan yang dituju.

Syarat Mendapatkan Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja bagi seorang karyawan yang pernah bekerja, tentunya memiliki beberapa syarat dalam mendapatkannya. Karena tidak semua mantan karyawan yang pernah bekerja pada perusahaan tertentu bisa mendapatkan surat pengalaman kerja ini. Adapun syarat-syarat agar bisa mendapatkan surat pengalaman kerja, antara lain :

  • Karyawan harus terlebih dulu mengundurkan diri dengan baik dan terhormat. Sama halnya pada saat hendak melamar kerja, pada saat mengundurkan diripun kita harus pamit baik-baik, dengan sopan, serta terhormat. Apabila semua prosedur terkait pengunduran diri telah dilakukan, maka kita berhak meminta surat pengalaman kerja.
  • Karyawan sudah bekerja selama setahun. Berdasarkan prosedur umum yang berlaku, bila karyawan telah bekerja selama 1 tahun atau 12 bulan, maka karyawan tersebut bisa mendapatkan surat pengalaman kerja. Hal ini diberlakukan karena, penilaian kinerja karyawan dilaksanakan dalam setiap setahun sekali.
  • Karyawan tersebut sudah menjalankan kewajibannya dengan baik. Jika karyawan ingin mendapatkan surat pengalaman kerja, maka karyawan tersebut harus menjalankan kewajibannya sebagai karyawan, misalnya menyelesaikan seluruh pekerjaan yang tercantum dalam kontrak kerja, menyerahkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan perusahaan, atau mengembalikan barang-barang milik perusahaan.
TRENDING:  3 Contoh Surat Kuasa Pengambilan Barang Terbaru

Jika seluruh persyaratan diatas telah dipenuhi oleh karyawan, maka surat pengalaman kerja bisa didapatkan oleh karyawan tersebut. Surat pengalaman kerja tidak dapat dibuat sendiri, karena harus diterbitkan oleh perusahaan biasanya dari pihak HRD.

Apabila karyawan telah menjalankan kewajiban dan seluruh prosedur yang ditentukan oleh perusahaan telah dilaksanakan, maka karyawan tersebut berhak meminta haknya dalam bentuk surat pengalaman kerja. Hal ini jelas diatur dalam Undang-undang Perdata Pasal 1602 terkait dengan berakhirnya hubungan kerja, atas permintaan karyawan bisa mendapatkan surat pengalaman kerja dari perusahaan tersebut, yang didalamnya terdapat pernyataan yang disertai dengan tanda tangan sah dari pihak yang mewakili perusahaan.

Bagian-Bagian Surat Pengalaman Kerja

Pada umumnya bentuk surat pengalaman kerja, terdiri dari beberapa bagian yakni: Bagian Kepala surat yang berisi Identitas perusahaan atau organisasi (nama, logo, alamat email, alamat kantor, dan nomor telepon). Bagian isi surat yang berisi: Nomor dan Judul Surat, Identitas dari pihak pembuat surat, Identitas karyawan yang meminta surat, serta penjelasan lengkap mengenai pengalaman dan kinerja karyawan.

Dan yang terakhir adalah, Bagian Penutup surat yang berisi: Nama dari pihak yang bertanggung jawab atas penerbitan surat pengalaman kerja. Misalnya, pemimpin bagian personalia atau manajer, serta harus mencantumkan tanda tangan dan stempel perusahaan tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh surat pengalaman kerja.

Contoh Surat Pengalaman Kerja

 MANJUR JAYA

Jl. Cendrawasih No.45 Kendari

Telepon : (0401) 34566789

 

 

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Nomor : SPK-10/MJ/2022

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama              : Israwaty

Jabatan           : Head of Human Resource Departement (HRD)

Alamat            : Jl. Cendrawasih No. 45

 

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa :

Nama              : Kaharudin

Jabatan           : Member of Marketing Departement

NIK                 : 45678910

Telah bekerja untuk perusahaan PT. MANJUR JAYA sejak tanggal 20 Februari 2018 hingga 25  Maret 2022, dengan jabatan terakhir sebagai anggota dari Web Marketing Departement.

Selama menjadi karyawan kami, Kaharudin telah menunjukkan dedikasinya terhadap pekerjaan dan berhasil mencapai target yang telah ditentukan. Tanggung jawab yang dikerjakan meliputi perencanaan acara promosi tahunan yang selalu lancer dilaksanakan. Kaharudin juga selalu menjaga profesionalitasnya selama bekerja dan menunjukkan tingkah laku yang baik selama bekerja.

TRENDING:  Download Contoh Surat Pengunduran Diri Terbaru

Keputusan yang dibuat berdasarkan keinginan saudara Kaharudin sendiri dan kami mengharapkan yang terbaik untuk kariernya di masa mendatang.

 

Kendari, 27 Maret 2022

 

Head of HD Departement PT MANJUR JAYA

 

TTD

 

(Israwaty)

BANK TABUNGAN NASABAH

Jl. Kutilang No. 15 Jakarta

Telepon : (021) 45545566

 

 

 

SURAT PENGALAMAN KERJA

Nomor : SPK-15/BTN/2022

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                            : Natasyha

Jabatan                        : Kepala Cabang Bank Tabungan Nasabah

 

Dengan ini menyatakan :

Nama              : Ariadi

NIK                 : 45678910

Alamat            : Jl. Jatimulya No. 35, Bekasi Timur

 

Adalah benar pernah bekerja di Bank TABUNGAN NASABAH sejak tanggal 11 Mei 2020 hingga 14 April 2022, dengan jabatan terakhir sebagai Back Office Staff. Selama menjadi staff Back Office saudara Ariadi telah melaksanakan tugasnya dengan penuh dedikasi. Demikian surat pengalaman kerja ini dibuat dengan sebenarnya dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Jakarta, 17 Maret 2022

 

Kepala Cabang Bank Tabungan Nasabah

 

TTD

 

(Natasyah)

Penutup

Demikianlah penjelasan dan beberapa contoh surat pengalaman kerja. Semoga pembahasan tentang contoh surat pengalaman kerja ini dapat bermanfaat. Untuk contoh surat pengalaman kerja seperti contoh diatas, dapat kamu download disini Contoh Surat Pengalaman Kerja