fbpx
contoh surat pernyataan terbaru

Download Contoh Surat Pernyataan Terbaru

FreeZone88 – Dalam kehidupan sehari-hari terdapat beberapa urusan atau permasalahan, yang harus diselesaikan melalui sebuah dokumen untuk menyepakati ketentuan-ketentuan yang telah disepakati bersama. Dokumen tersebut berupa surat pernyataan, yang berisi sejumlah bagian-bagian penting yang menerangkan jika pihak-pihak yang terlibat dalam permasalahan, menyetujui semua ketentuan tersebut. Jika ada salah satu bagian yang dilanggar oleh pihak-pihak yang terlibat, maka akan dikenakan sanksi hukuman nantinya. Dari gambaran mengenai surat pernyataan ini, timbul pertanyaan apa sebenarnya surat pernyataan itu, fungsi surat pernyataan, serta cara membuat surat pernyataan tersebut, berikut ini penjelasannya.

Apa itu Surat Pernyataan

Surat pernyataan merupakan surat yang berisi pernyataan terkait kesepakatan, kesediaan, kesanggupan, serta kemauan untuk melaksanakan sesuatu. Sifat dari surat pernyataan ini adalah resmi, dan mempunyai dasar hukum kuat. Sehingga dalam pembuatannya surat pernyataan harus disertai tanda tangan di atas materai.

Dalam pembuatannya surat pernyataan dibuat secara tertulis, dalam bentuk penegasan atau pengakuan bahwa pihak-pihak yang terlibat telah atau belum melaksanakan sesuatu. Pada umumnya, surat pernyataan digunakan untuk kepentingan melamar kerja, urusan profesi, pernikahan, jual beli, dan aktivitas lainnya.

Fungsi Surat Pernyataan

Seperti penjelasan sebelumnya, sifat dari surat pernyataan adalah resmi, dan mempunyai dasar hukum yang kuat. Oleh karena itu, pihak-pihak pembuat surat pernyataan harus bertanggung jawab atas pernyataan yang telah dibuat. Kemudian, dari penjelasan ini maka timbul pertanyaan apa sebenarnya fungsi surat pernyataan itu. Berikut ini adalah fungsi-fungsi surat pernyataan ;

  • Menerangkan Secara Jelas tentang Pernyataan

Fungsi pertama dari surat pernyataan adalah menerangkan secara detail mengenai pernyataan apa yang ditulis di atas kertas, dan ditanda tangan di atas materai. Oleh karena itu, jika di kemudian hari ada pihak yang melanggar atas pernyataan yang mereka buat sendiri, maka pihak-pihak tersebut bisa dikenakan sanksi atau hukuman sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.

  • Sebagai Bukti Otentik

Fungsi kedua dari  surat pernyataan adalah sebagai bukti yang otentik atau kuat, bila pihak-pihak yang melakukan pelanggaran terhadap pernyataan yang sudah disepakati bersama. Oleh karena itu, proses hukuman dapat dijalankan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

  • Sebagai Dokumen Pelengkap

Fungsi ketiga dari surat pernyataan adalah sebagai dokumen pelengkap atau pendukung. Misalkan, jika ada seseorang yang baru diterima kerja di sebuah perusahaan tertentu. Untuk menjaga nama baik perusahaan, jika hendak menanda tangani kontrak, maka harus disertai dengan surat pernyataan yang menyatakan bahwa karyawan tersebut tidak akan melakukan aktivitas-aktivitas negatif. 

TRENDING:  Download Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Word

Berdasarkan fungsi-fungsi dari surat pernyataan diatas, maka pembuatan surat pernyataan harus dibuat secara teliti dan hati-hati. Pembuatan surat pernyataan tidaklah sulit, namun ada hal penting yang harus ada dalam surat pernyataan yakni : Judul surat pernyataan, Identitas pembuat surat seperti : Nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon. Isi Pernyataan, Penutup, Tempat dan Tanggal Pembuatan surat, dan bagian terakhir harus melampirkan nama jelas, tanda tangan di atas materai dari pembuat surat pernyataan.

Cara Membuat Surat Pernyataan

Pembuatan surat pernyataan tidak boleh sembarangan, namun harus menggunakan susunan penulisan yang baik dan benar. Jadi, bagaimana sebenarnya cara membuat surat pernyataan yang baik? Berikut ini cara membuat surat pernyataan :

  • Menuliskan Identitas Diri Lengkap

Hal yang harus dilakukan pertama dalam menulis surat pernyataan adalah, menulis identitas diri dengan lengkap dan jelas. Seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, serta nomor telepon yang masih aktif. 

  • Isi Pernyataan Ringkas dan Jelas

Setelah menuliskan identitas diri dengan jelas, selanjutnya harus menuliskan isi surat pernyataan. Dalam penulisan isi surat pernyataan ini, tidak perlu terlalu panjang dan berbelit-belit. Penulis cukup menjabarkan poin-poin penting, kemudian disetiap poin tersebut menjelaskan pernyataan penulis secara ringkas dan jelas. Hal yang lebih penting dalam menulis surat pernyataan adalah, memastikan setiap poin-poin yang ditulis harus dapat dipertanggung jawabkan di kemudian hari.

  • Kalimat Penutup 

Kemudian setelah menulis isi surat pernyataan, pihak pembuat surat pernyataan tersebut harus menulis kalimat penutup di akhir surat. Umumnya, di bagian penutup ini berisi penjelasan tegas jika dikemudian hari ada pihak yang melanggar pernyataan yang telah dibuat. Maka pihak-pihak yang melanggar harus siap menerima sanksi dan hukuman sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

  • Tempat dan Tanggal Surat Dibuat

Setelah menulis kalimat penutup, maka penulis harus menuliskan tempat, dan tanggal surat dibuat. Penulisan tempat dan tanggal ini sebelum membubuhkan tanda tangan dan materai. Hal ini dilakukan, agar semua pihak baik yang membuat atau yang menerima surat mengetahui kapan surat pernyataan itu dibuat.

  • Tuliskan Nama Jelas, Tanda Tangan, dan Materai

Pada bagian akhir surat setelah menuliskan tempat dan tanggal surat dibuat, maka pembuat surat harus menyertakan tanda tangan dan nama jelas dibagian bawah. Perlu diperhatikan menempelkan materai terlebih dulu sebelum surat ditanda tangani, dan tanda tangan yang tertera harus mengenai sebagian materai.

TRENDING:  Download Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Terbaru

Setelah melihat penjelasan mengenai surat pernyataan, fungsinya, serta mengetahui cara pembuatannya. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat dari beberapa contoh surat pernyataan dibawah ini :

SURAT PERNYATAAN

 

Saya bertanda tangan di bawah ini :

 

Nama : Widya Astuti

Jabatan : Staff Hubungan Masyarakat Divisi Media Relation

Perusahaan : PT. Sumber Jaya

Alamat : Jalan Gatot Subroto, No.50, Bandung

 

Dengan ini menyatakan bahwa saya sanggup mengikuti pelatihan kepenulisan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 10 sampai dengan 25 Desember 2021. Selama mengikuti  pelatihan kepenulisan, saya bersedia untuk mematuhi tata tertib yang telah ditetapkan oleh panitia.

 

Apabila saya tidak mengikuti pelatihan kepenulisan selama 14 hari penuh dan melakukan pelanggaran terhadap peraturan maupun tata tertib yang telah ditetapkan, maka saya bersedia menerima sanksi.

 

Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam keadaan sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Bandung, 6 Desember 2021

 

(TTD dan Materai)

 

Widya Astuti

 

Contoh surat pernyataan ke 2

 

SURAT PERNYATAAN

 

Saya bertanda tangan di bawah ini :

 

Nama : Asriani

Jenis Kelamin : Wanita

Tempat dan tanggal lahir : Surabaya, 11 Mei 1989

Alamat : Jalan Rungkut No.105 Surabaya

Nomor Telepon : 08112345678

 

Melalui surat ini, saya menyatakan kesediaan untuk :

 

  • Tidak berstatus menikah selama masa pelatihan kurang lebih 2 tahun.
  • Menyetujui penempatan kerja di wilayah manapun di Indonesia.
  • Selama masa pelatihan tidak menjalin kontrak kerja dengan perusahaan lain, kecuali PT. Indo Sentosa.
  • Tidak melanggar aturan perusahaan dan hukum Negara yang berlaku.
  • Datang dan disiplin tepat waktu sesuai target dari perusahaan.
  • Mengikuti petunjuk dan arahan selama bekerja.
  • Tidak membatalkan kontrak secara mendadak selama proses pelatihan berlangsung.

Dengan pernyataan diatas, saya siap untuk menjalani berbagai konsekuensi jika tidak sesuai dengan kesediaan yang saya tulis.

Demikian surat pernyataan kerja ini saya tulis sesuai kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Surabaya, 10 Oktober 2022

 

(TTD dan Materai)

 

Asriani

 

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai surat pernyataan, dan fungsi surat pernyataan, serta cara membuat surat pernyataan disertai dengan beberapa  contohnya, semoga bermanfaat. Download surat pernyataan disini

 

Referensi : 

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6280875/10-contoh-surat-pernyataan-format-dan-cara-membuatnya