fbpx
surat jual beli tanah

Download Contoh Surat Jual Beli Tanah Terbaru

FreeZone88 – Kegiatan manusia terkadang berkaitan dengan aktivitas jual beli, seperti jual beli tanah maupun properti. Dalam aktivitas jual beli tersebut membutuhkan surat jual beli, yang bertujuan untuk memperlancar proses jual beli dan mencegah terjadinya penyalahgunaan bagi penjual dan pembeli. Dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan apa itu surat jual beli tanah, fungsi surat jual beli tanah, dan apa saja isi yang terdapat dalam surat jual beli tanah . Berikut adalah penjelasan serta beberapa contoh surat jual beli tanah.

Apa itu Surat Jual Beli Tanah?

Berdasarkan pendapat Sandrina Wijaya dalam Buku Surat Perjanjian Bisnis Langsung Deal, menyebutkan bahwa surat jual beli tanah termasuk dalam surat perjanjian jual beli. Adapun surat perjanjian jual beli merupakan surat yang dibuat untuk melakukan aktivitas jual beli sebuah barang, baik itu barang bergerak seperti kendaraan, maupun barang tidak bergerak seperti tanah dan rumah.

Surat perjanjian jual beli merupakan sebuah kesepakatan antara pihak penjual dan pembeli terkait jual beli sebuah barang. Adapun isi  surat perjanjian jual beli tanah berisi hak dan kewajiban dari pihak penjual dan pembeli yang harus dipatuhi bersama. Oleh karena itu, kedua belah pihak tersebut tidak boleh melanggar kesepakatan yang telah tertulis diatas surat.

Fungsi Surat Jual Beli Tanah

Fungsi surat jual beli tanah dijelaskan dalam sebuah Buku Surat Perjanjian Bisnis Langsung Deal, Sandrina Wijaya menyebutkan beberapa fungsinya sebagai berikut :

  • Sebagai bukti perjanjian resmi antara pihak penjual dan pembeli ;
  • Menjelaskan hak dan kewajiban pembeli dan penjual yang harus dipatuhi ;
  • Surat jual beli tanah adalah surat yang sah di mata hukum, sehingga jika dikemudian hari terjadi pelanggaran, maka hal tersebut bisa melanggar Undang-undang ;
  • Sebagai jaminan keamanan transaksi saat jual beli tanah ;
  • Sebagai salah satu surat penting yang wajib diperlihatkan pada saat ingin menjual, maupun membeli tanah.
TRENDING:  Download Contoh Surat Penawaran Barang Word

Isi Surat Jual Beli Tanah

Pembuatan surat jual beli tanah tidak boleh dilakukan sembarangan, karena surat jual beli tanah ini dinyatakan resmi di hadapan hukum. Sehingga apabila terjadi pelanggaran tertentu dapat dituntut sesuai dengan Undang-undang yang berlaku. Oleh karena itu, dalam membuat surat jual beli tanah harus berdasarkan aturan dan ketentuan. Sandrina Wijaya menyebutkann isi surat jual beli tanah yang baik dan benar, sebagai berikut ;

  • Jenis barang dan keterangan barang yang diperjualbelikan, dalam hal ini adalah tanah ;
  • Harga tanah yang telah disetujui ;
  • Cara pembayarannya ;
  • Cara penyerahannya ;
  • Risiko dalam jual beli ;
  • Penyelesaian perselisihan jika konflik muncul dikemudian hari ;
  • Hal-hal lain yang dianggap penting dalam kesepakatan antara kedua belah pihak.

Berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997, perjanjian yang terkait peralihan hak atas tanah termasuk jual beli tanah harus dilakukan dihadapan PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah). Oleh karena itu dalam melakukan aktivitas jual beli, pihak penjual dan pembeli harus dating bersama ke kantor PPAT untuk membuat Akta Jual Beli Tanah. PPAT merupakan pejabat umum yang diangkat oleh Kepala BPN (Badan Pertanahan Nasional) mempunyai kewenangan untuk membuat akta peralihan ha katas tanah, termasuk akta jual beli tanah. Jika transaksi jual beli tanah berlangsung di daerah yang belum terdapat PPAT, maka dibolehkan menghadap Camat dalam jabatan dan kapasitasnya selaku PPAT sementara.

TRENDING:  Download Contoh Surat Pengunduran Diri Terbaru

Ada hal yang harus diperhatikan oleh pihak penjual dan pembeli tanah, adalah PPAT yang akan dimintai membuat Akta Perjanjian Jual Beli Tanah merupakan PPAT yang terdapat dalam wilayah kedudukan dan kewenangannya, seperti daerah keberadaan tanah yang dijadikan sebagai objek transaksi jual beli tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari beberapa contoh surat jual beli tanah berikut:

untuk file lengkapnya dalam bentuk Ms Word dapat kamu download pada link dibawah ini

SURAT JUAL BELI TANAH

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai surat jual beli tanah, dan fungsinya, serta  isi yang haris ada dalam surat jual beli tanah tersebut disertai dengan beberapa  contohnya, semoga bermanfaat.

 

Referensi :

https://finance.detik.com/solusiukm/d-6353976/contoh-surat-jual-beli-tanah-fungsi-dan-cara-membuatnya