fbpx

Download Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Word

FreeZone88 – Dunia kerja tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan tertentu. Tidak jarang seorang karyawan tidak bisa masuk kerja, karena ada urusan mendesak dan sulit ditinggalkan. Selain itu kadangkala seorang karyawan dalam kondisi yang tidak sehat, sehingga tidak bisa masuk kerja. Dalam kondisi teresebut karyawan harus membuat surat izin tidak masuk kerja, agar tidak diberi sanksi oleh pihak perusahaan tempatnya bekerja. Dari gambaran singkat ini, timbul sebuah pertanyaan apa itu surat izin tidak masuk kerja dan bagaimana cara membuat surat tersebut.

Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Surat izin tidak masuk kerja merupakan sebuah dokumen surat yang dibuat oleh seorang pegawai yang hendak mengajukan izin berhalangan hadir di tempat kerja, karena ada sebuah kepentingan mendesak. Surat permohonan izin ini biasanya ditulis ketika karyawan tersebut sakit, memiliki masalah keluarga, atau bahkan memiliki kepentingan mendesak yang tidak bisa ditunda.

Bagi karyawan yang tidak masuk kerja wajib membuat surat izin, sebagai bagian profesionalisme dalam bekerja. Surat izin ini bermaksud memberikan informasi pada perusahaan, mengapa karyawan tersebut tidak bisa masuk kerja pada hari itu. Tujuan resmi surat izin ini adalah untuk memberikan keterangan kepada perusahaan mengenai alasan seorang karyawan tesebut tidak bisa berada di kantor, sehingga pihak perusahaan bisa memahami dan memberikan izin sesuai dengan peraturan perusahaan.

Dalam membuat surat izin ini seorang karyawan harus mengetahui terlebih dahulu aturan atau kebijakan perusahaan, terkait permohonan izin dan prosesdur cuti. Hal ini dikarenakan, beberapa perusahaan mewajibkan karyawan agar meminta izin untuk tidak datang bekerja secara langsung. Namun ada pula perusahaan lain yang memberikan izin karyawan untuk meminta surat izin, melalui email atau pesan singkat kepada atasannya, dengan persyaratan setelah karyawan tersebut masuk kerja, maka harus membawa surat izin resmi dan diperlihatkan kepada atasannya.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa cara membuat surat izin tidak masuk kerja ini,  merupakan sebuah pekerjaan yang rumit dan berbelitbelit dan harus menggunakan bahasa remsi, dan memiliki format khusus, dan lain sebagainya. Jika kita telah mengetahui dasar penulisannya, maka akan mudah menuliskan surat izin tidak masuk kerja, bahkan bisa menuliskannya dengan singkat, jelas, dan padat (tidak terlalu panjang). Untuk mengetahui lebih jelas cara membuat surat izin tidak masuk kerja, maka bisa memperhatikan langkah-langkah menulis surat izin tidak masuk kerja sebagai berikut.

  • Ikuti Format Surat Normal
TRENDING:  Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Terbaru

Surat izin tidak masuk kerja biasanya ditujukan kepada bagian HRD atau manajemen      perusahaan, penulisan surat izin harus menggunakan format resmi. Hal ini dilakukan agar        surat yang kita kirimkan bisa terlihat lebih professional dan formal.

  • Menggunakan Bahasa Resmi atau Baku

Pada saat membuat surat izin tidak masuk kerja, harus menggunakan bahasa baku/formal dan standar. Hal ini dikarenakan surat tersebut dipergunakan untuk tujuan pekerjaan yang harus menghormati pihak HRD.

  • Tanggal Izin Tidak Masuk Kerja

Ada hal yang sangat penting dan harus diperhatikan dalam membuat surat izin tidak masuk kerja, ialah menulis tanggal izin tidak masuk bekerja. Selain itu, harus dipastikan bahwa tanggal dan hari izin kerja kita itu sudah tepat dan benar.

  • Identitas Pribadi harus Jelas

Setelah penulisan tanngal, hal yang perlu diperhatikan adalah menuliskan data pribadi yang lengkap dan valid, termasuk nama lengkap, jabatan, serta nomor induk karyawan atau nomor identitas staff yang bekerja. Hal ini bertujuan agar pihak HRD dapat mendokumentasikan otorisasi karyawan dengan jelas.

  • Tujuan Izin tidak masuk Kerja

Selanjutnya, karyawan harus menuliskan tujuan atau alasan tidak masuk kerja. Hal inilah yang dapat menentukan apakah permohonan surat izin tidak masuk kerja yang diajukan dapat disetujui atau tidak. Jadi, terlebih dulu pastikan untuk menuliskannya dengan alasan dan kebenaran yang benar.

  • Waktu atau Lama Izin Kerja

Apabila seorang karyawan memiliki jatah/waktu cuti, maka harus dipastikan dia menuliskannya dalam surat izinnya. Karena dengan cara ini, pihak perusahaan bisa melihat aktivitas apa yang dilakukan saat karyawan tersebut tidak masuk kerja. Satu hal yang perlu diingat, bahwa seorang karyawan harus menuliskan dengan jelas berapa lama dia tidak akan masuk bekerja atau izin kerja.

  • Memberikan Alternatif

Di beberapa kejadian, seorang karyawan dapat mempertimbangkan untuk menyisihkan waktu dari pekerjaan. Seperti, walaupun tidak berada di kantor, namun karyawan tersebut tetapbisa bekerja dari jarak jauh dari rumah dan berkomunikasi via email.

  • Mengucapkan Terima Kasih

Setelah menuliskan isi dan tujuan utama dari surat izin tidak masuk kerja, jangan lupa menuliskan ucapan terima kasih pada pihak yang bertanggung jawab atau bagian manajemen perusahaan/HRD, karena telah membentuk hubungan kerja yang baik, dan tidak lupa pula mengungkapkan rasa syukur. Hal ini akan membuat atasan anda merasa sangat dihargai.

  • Mengecek Kesalahan Penulisan Kata (Typo)
TRENDING:  Download Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Terbaru

Hal yang perlu diingat sebelum mengirimkan surat izin tidak masuk kerja adalah, karyawan wajib mengecek kembali surat yang telah ditulisnya. Harus dipastikan tidak ada kesalahan kata atau kalimat yang dapat membuat surat tersebut kurang profesional. Perhatikan pula pilhan kata, serta struktur kalimat yang digunakan, dimana strukturnya harus pendek, kuat dan jelas.

  • Mengirim Surat

Hal yang paling terakhir dilakukan adalah mengirimkan surat izin tersebut ke kantor atau perusahaan tempat kita bekerja. Apabila kita memilih mengirimkannya dalam bentuk hard copy, maka harus dicetak terlebih dulu baru kemudian ditanda tangani. Namun, jika kita hendak mengirimkannya dalam bentuk digital (file word atau pdf), maka harus menambahkan tanda tangan digital pada bagian akhir surat.

Berdasarkan penjelasan dari beberapa poin penting terkait cara penulisan surat izin tidak masuk kerja, maka kita sudah bisa mendapatkan gambaran seperti apa surat izin tidak masuk kerja tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat melalui beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja sebagai berikut.

  1. SURAT IZIN TIDAK MASUK KERJA KARENA MENGIKUTI KEGIATAN

Seorang karyawan pada masa dia bekerja, bisa saja mempunyai aktivitas diluar kantor. Misalnya ada yang masih kuliah atau bahkan melanjutkan kuliah dengan jenjang yang lebih tinggi. Sehingga, jika ada kegiatan di Universitasnya pada saat jam kerja berlangsung, tentu saja karyawan tesebut harus membuat surat izin tidak masuk kerja, karena harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan kampus.

contoh surat tidak masuk kerja word contoh surat tidak masuk kerja word

 

Download contoh surat izin tidak masuk kerja dalam bentuk Ms Word dibawah ini

Unduh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai surat izin tidak masuk kerja, dan cara membuatnya disertai dengan beberapa  contohnya, semoga bermanfaat.

Referensi :

10 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja dan Cara Pembuatannya!